Home » » Tips Meredakan Sakit Tenggorokan

Tips Meredakan Sakit Tenggorokan


Cuaca panas dan polusi udara terkadang membuat tenggorokan kita bermasalah. Apalagi bagi kalian yang suka mengkonsumsi gorengan, makanan berlemak dan berminyak, atau yang aktif merokok, rasanya sekitar mulut dan tenggorokan tidak nyaman.

Jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat menyegarkan kembali tenggorokan anda. Berikut pengalaman penulis dalam meringankan sakit atau tenggorokan terasa aneh, simak ya :

1. Jeruk 

Hampir di seluruh rumah makan atau yang menjajakan makanan seperti restoran, hingga pedagang kaki lima selalu menyediakan menu Jus/es Jeruk. Tanpa kita sadari, Jus Jeruk selalu menjadi favorit konsumen selepas mereka makan.

Melihat dari fungsi dasarnya, dahulu orang-orang mencuci piring kotor mereka dengan perasan jeruk nipis atau jeruk biasa yang dicampurkan dengan air. Saat ini pun jeruk menjadi bahan dasar mencuci piring yang telah dicampur bahan kimia aman seperti Mamalemon, Sunlight, dan merek lainnya. 

Bukan tanpa alasan, jeruk dapat mengangkat sisa makanan seperti minyak, kecap, santan, dan lain-lain dengan mudah.
Begitu juga mulut dan tenggorokan, tempat awal masuknya beragam jenis makanan kedalam tubuh. Makanan yang kita makan sedikitnya tersisa di sana, makanya kenapa mulut kita terasa tidak nyaman ketika usai mengkonsumsi makanan. 

Jika efektif untuk membersihkan sisa makanan di piring, tentu Jeruk dapat mengikat kotoran di mulut dan tenggorokan lalu mengalirkan ke dalam  tubuh. Ini alasan orang tua sering minum jus jeruk hangat atau dingin selepas makan makanan berlemak. Tenggorokan dan mulut serasa kesat dan nyaman ketika kita mengkonsumsi jeruk, kesat seperti piring yang baru di cuci.

So, tenggorokan anda tidak nyaman? Konsumsi lah jeruk atau jenis minuman apapun yang berbahan jeruk, di jamin kesat kembali. 

2. Air putih hangat

Air putih berfungsi sebagai pelarut dan pengangkut sisa makanan atau kotoran dalam mulut dan tenggorokan. Di sarankan air hangat, jangan air yang bersuhu dingin/es. Karena air hangat sangat efektif membunuh kuman-kuman yang ada di area mulut. 

Air hangat dapat melancarkan aliran darah, meregangkan otot-otot sekitar mulut yang kaku, dan memudahkan dalam melarutkan sisa-sisa makanan. Coba saja anda menyiram piring kotor dengan air hangat, niscaya sisa makanan mudah terangkat dibandingkan kita menyiram piring kotor dengan air dingin.

3. Bawang Putih 

Bila tenggorokan masih tidak nyaman, maka potong bawang putih menjadi 2 bagian, lalu kunyah setengah bagian yang kita potong. Usahakan kunyah hingga sari/air dalam bawang putih mulai keluar di mulut, lalu isaplah sari-sari bawang putih tersebut tanpa menelan bawang putihnya. Setelah cukup menelan sari nya, bawang putih yang ada di mulut boleh di buang atau di telan. 

Bagi beberapa orang, mengunyah bawang putih merupakan tindakan menakutkan. Mulai dari rasa yang pahit dan pedas, lalu bau bawang putih yang membuat mual perut dan bisa membuat muntah. Itu hal wajar, saya pun merasakannya saat mengunyah pertama kali. Tapi tenggorokan saya mulai membaik dan normal kembali.
Bawang putih dipercaya membunuh kuman dan bakteri dengan baik dan tuntas. Selain itu, bawang putih mengandung antioksidan yang besar. 

So, buat kamu yang suka merokok, manjakan  tenggorokan dan mulut anda minimal 2 minggu sekali dengan mengunyah bawang putih. Kotoran sisa asap roko yang menempel bisa sedikit berkurang, dan akan membantu kinerja tenggorokan menjadi normal.

Itulah pengalaman meredakan tenggorokan dan yang paling ampuh adalah nomor 3, mari berbagi pengalam karena berbagi itu indah.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : maskolis | johnytemplate | mastemplate
Copyright © 2013. Rauf Paling Baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger